Cari Blog Ini

Desember 07, 2019

ASUHAN KEBIDANAN IBU NIFAS PATOLOGIS PADA Ny. R UMUR 23 TAHUN P1A0 NIFAS HARI KE 10 DENGAN INFEKSI LUKA SECTIO CAESAREA DI RSUD PROF DR MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO.

ASUHAN KEBIDANAN IBU NIFAS PATOLOGIS PADA Ny. R UMUR 23 TAHUN P1A0 NIFAS HARI KE 10 DENGAN INFEKSI LUKA SECTIO CAESAREA DI RSUD PROF DR MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO.

2.1.1 Pengertian Masa Nifas
Masa nifas (puerperium) adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alat-alat kandungan kembali seperti pra￾hamil. Lama masa nifas ini 6-8 minggu (Ambarwati, dkk, 2010 : 1). 
Masa nifas (puerperium) dimulai setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu atau 42 hari, namun secara keseluruhan akan pulih dalam waktu 3 bulan. Masa nifas atau post partum disebut juga puerperium yang berasal dari bahasa
latin yaitu dari kata “puer” yang artinya bayi dan “parous” berati melahirkan. Nifas yaitu darah yang keluar dari Rahim karena sebab  melahirkanatau setelah melahirkan (Anggraini, 2010 : 1).
Masa nifas (puerperium) dimulai sejak 2 jam setelah lahirnya plasenta sampai dengan 6 minggu (42 hari) setelah itu. Dalam bahasa latin, waktu mulai tertentu setelah melahirkan anak ini disebut
puerperium yaitu dari kata puer yang artinya bayi dan parous melahirkan. Jadi, puerperium berati masa setelah melahirkan bayi (Dewi, dkk, 2011: 1).

2.1.2 Tahapan Masa Nifas
a. Puerperium Dini (immediate puerperium) Yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan. Dalam agama islam telah bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari. Waktu 0-24 jam post partum.
b. Puerperium Intermedial (early puerperium) Yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genetalia yang lamanya 6-8 minggu. Waktu 1-7 hari post partum.
c. Remote Puerperium (later puerperium)
Yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat, sempurna terutama bila selama hamil dan waktu persalinan mempunyai komplikasi. Waktu untuk sehat bisa berminggu-minggu, bulan atau tahun. Waktunya yaitu 1-6 minggu post partum. (Anggraini, 2010: 3)

Lanjut sini lebih lengkap 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar