Cari Blog Ini

Februari 02, 2018

PERENCANAAN JARINGAN AIR BERSIH

PERENCANAAN JARINGAN AIR BERSIH DUSUN BOGELAN DESA SUKOREJO KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO



BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Air adalah kekayaan alam yang dikaruniakan oleh Allah SWT sebagai sarana hidup dan kehidupan yang amat penting, dan menyangkut banyak makhluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Airmerupakan kebutuhan primer manusia, sehingga kesejahteraan masyarakat dalam suatu desa dapat diukur dari banyaknya air bersih yang tersedia.Terdapat berbagai macam sumber air yang dapat ditemukan dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari yang bisakita temukan di Indonesia, yaitu air hujan, air laut, air permukaan, mata air dan air tanah. Dusun Bogelan, Desa Sukorejo, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo merupakan desayang memiliki kontur tanah perbukitan dan juga memiliki sumber mata air yang melimpah. Terdapat tiga sumber mata air di desa Sukorejo yaitu air tanah, air sumur dan mata air yang berada dibawah desa.Warga masyarakat dusun Bogelan Desa Sukorejo sudah memanfaatkan sumber air tersebut. Sebanyak ± 40 % masyarakat menggunakan air tanah dan ± 60% masyarakat menggunakan air sumur untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Dari keterangan warga setempat kondisi air sumur yang biasa mereka gunakan sehari-hari dimungkinkan telah terkontaminasi limbah rumah tangga berdasarkan aroma yang dirasaan oleh masyarakat. Sehingga perlu adanya sumber air bersih sebagai pengganti air sumur yang kurang sehat. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka perlu adanya “Perencanaan Jaringan Air Bersih Di Dusun Bogelan Desa Sukorejo Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo”yang bisa memenuhi kebutuhan airbersih warga masyarakat yang sehat.
1.2 Rumusan masalah
Diatas telah diuraikan tentang latar belakang maka rumusan masalah dalam tulisan ini adalah :
a. Bagaimana kondisi debit air yang akan didistribusikan kepada seluruh warga msyarakat.
b. Bagaimana jaringan air bersih yang akan direncanakan yang dapat dikelola dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Dusun Bogelan Desa Sukorejo.
c. Bagaimana ketersediaan sumber air jika digunakan dalam waktu jangka panjang.
d. Bagaimana nilai ekonomis dari penggunaan air jika dibandingkan dengan penggunaan air setelah diterapkan dengan jaringan ini dan sebelum diterapkan jaringan.
1.3 Maksud dan Tujuan
a. Memperhitungan debit air dari sumber mata air yang berada dibawah desa.
b. Merencanakan jaringan air bersih yang sesuai dengan standar bangunan air dengan perhitungan perencanaan yang ekonomis, efektif dan efisien.
c. Menghitung debit air dan memproyeksikan pertumbuhan penduduk di Dusun Bogelan Desa Sukorejo.
d. Menghitung Rencana Anggaran Biaya yang akan digunakan untuk merencanakan jaringan air bersih ini.
1.4 Batasan masalah
Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai hal-hal uang mendasari suatu desain bangunan penyedia air bersih, meliputi :
a. Perhitungan proyeksi kebutuhan air bersih Dusun Bogelan Desa Sukorejo selama 15 tahun kedepan.
b. Perencanaan dimensi broncaptering.
c. Perencanaan dimensi reservoir yang diperlukan.
d. Perencananaan jalur pipa transmisi dan distribusi air bersih.
e. Perhitungan minor losses diabaikan (sesuai standar Cipta Karya)
f. Perhitungan tarif setting penyediaan air bersih.
g. Perencanaan mesin pompa.
1.5 Lokasi perencanaan
Lokasi perencananaan penyediaan air bersih ini berada di Desa Sukorejo, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.
1.6 Sistematika penulisan  
Tugas akhir ini disusun dalam 3 bagian yang meliputi bagian pendahuluan, bagian pembahasan dan bagian penutup. Bagian pendahuluan terdiri dari halaman judul, halaman pengesahan, halaman persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran. Selanjutnya bagian pembahasan terdiri dari studi pustaka metodologi penelitian dan perencanaan. Sedangkan bagian penutup terdiri dari kesimpulan, saran dan daftar pustaka. Ketiga bagian tersebut akan dituliskan dalam 5 bab, dengan susunan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, lokasi perencanaan dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tentang dasar-dasar perencanaan jaringan air bersih, proyeksi kebutuhan air bersi, sistem saluran dan pemipaan.
BAB III METODOLOGI
Bab ini membahas tentang perumusan masalah, metode pengumpulan data, analisis masalah dan diagram alur pemecahan masalah.
BAB IV PERENCANAAN
Bab ini membahas tentang perencanaan umum, perhitungan struktur pendukung jaringan air bersih dan perencanaan jaringan pipa.
BAB V PENUTUP
Bab ini membahas tentang kesimpulan, saran serta kata penutup.


contoh skripsi ini bisa anda comot 
jangan lupa komen dan ngintil blog ini untuk kemajuan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar